Sudah Sadarkah Anda???

Di usia remaja ini, saya melihat banyak anak- anak yang menganggap enteng menghadapi hidup ini, bahkan mereka mungkin ada yang sama sekali tidak memikirkan bagaimana masa depan? Atau pun untuk apa kita hidup? Yang saya lihat kebanyakan para remaja sekarang ini hanya mencari reputasi. Apa reputasi itu? Reputasi adalah suatu perbuatan sebagai sebab mendapat nama baik. Nama baik di sini dalam arti tidak mau ketinggala zaman, ingin menyetarakan kemampuan dengan cara apapun. Memang tidak semua remaja seperti ini. Hanya dinilai dari garis besar hasilnya menjadi seperti itu.

Kepada remaja- remaja yang sudah terlanjur berbuat demikian ataupun belum sama sekali mengenal gejolaknya masa remaja sekarang ini. Yuk kita lihat perjuangan orang- orang sukses!

Percaya tidak???

v Orang yang sukses timbul dari golongan orang miskin?

v Orang bilang jenius, padahal dulunya dia sangatlah aneh?

v Einstein tidak diterima jadi asisten professor di kampus mana pun?

v Katak yang terjebak seharusnya mati, ia lolos?

v Orang yang idiot bisa meraih mendali emas?

Dan masih banyak lagi keajaiban- keajaiban yang diberikan Allah pada makhluk- makhluknya.

Apakah kalian mau menjadi orang yang beruntung seperti mereka
? Caranya gampang bagi orang yang digampangkan oleh Allah. Selain itu kita harus bersabar. Bersabar ada 3 macam, yaitu: bersabar dalam menghadapi kemaksiatan, bersabar dalam menjalankan keta’atan dan bersabar terhadap takdir Allah.

Ada cara yang lain, yaitu kita harus yakin dengan apa yang tujukan itu pasti bisa dilakukan. Contohnya: coba kalian ambil satu pensil, peganglah ujung pensilmu itu oleh temanmu. Cobalah potongkan pensilmu itu dengan satu jari (jari telunjuk). Berkonsentrasilah! Kamu harus yakin di dalam hati kamu! Aku pasti bisa! Aku pasti bisa! Dengan konsentrasi yang penuh dan keyakinan yang tinggi. Insya Allah kamu bisa melakukannya. Walaupun pada awalnya dalam hatimu mungkin ada rasa takut tidak bisa mematahkannya. Tapi, pada akhirnya kamu bisa mematahkannya. Inilah awal keberhasilanmu.

Ada pula contoh yang lainnya: saya pernah membaca buku yang berjudul “Hati yang indah” ini adalah kumpulan cerpen yang sangat bagus sekali. Cerpen yang masih diingat sampai sekarang ini yaitu kisah tentang seorang katak. Begini ceritanya:

Ada dua ekor katak terperosok ke jurang yang teramat dalam. Tidak lama datanglah teman- temannya. Mereka melakukan segala cara untuk menolong ke dua temannya itu. Ternyata tidak berhasil. Berjam- jam kedua katak itu mencoba melewati jurang yang sangat dalam itu. Tidak lama kemudian teman- temannya berkata kepada ke dua katak itu,”Ini memang ajalmu, tunggu saja sampai waktunya tiba kealam sana! Kamu tidak akan mungkin berhasil melompati jurang yang sangat tinggi ini!” Namun walau begirtu, ke dua katak itu berusaha melompat setinggi mungkin untuk mencapai ke atas jurang. Ketika semangat mereka semakin tinggi, teman- temannya malah menghancurkan semangatnya itu. Hingga salah satu dari katak yang berada di dalam jurang itu mati, lelah melompat dengan mempercayai perkataan teman- temannya. Tapi, berbeda dengan katak yang satu ini dia melompat. Walau sudah banyak luka di badannya, namun dia tetap berusaha meskipun dia disiriki oleh teman- temannya. Tidak lama kemudian. Subhanallah dengan Maha Besar Allah dia berhasil melewati jurang itu. Semua temannya terheran- heran,”hei katak, mengapa kau berhasil? Padahal kita telah mengejekmu!” Lalu katak itu berkata,”perlu kalian ketahui, bahwa aku ini katak yang tuli. Aku mengira kalian memberi semangat padaku, mensorakiku supaya berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: